PENTINGNYA MENJAGA ORGAN DETOX

How To Detox Each Organ In Your Body And Never Be Sick or Tried ...
how to detox each organ
Organs that Detox Your Body | Family Health Chiropractic
organ yang membantu fungsi detox

Bicara mengenai per’detox’an tubuh, kita harus melihat tubuh sebagai satu sistem dimana beberapa organ vital yang membantu proses detox/pembuangan racun harus benar-benar dijaga agar jalur detox/detox pathway terbuka. Terdapat beberapa kasus orang yang berusaha men’detox’ racun dalam tubuhnya namun gagal dan racun justru teredistribusi di dalam tubuh mereka, hal ini karena jalur detox belum terbuka, organ-organ detox belum berfungsi baik. ciri-ciri jalur detox belum terbuka diantaranya orang yang konstipasi (sulit buang air), tidak mengeluarkan keringat dengan baik, memiliki gangguan pada fungsi hati dan ginjal, dll.

beberapa organ penting yang harus dijaga untuk kesuksesan program detox diantaranya adalah kulit (berfungsi mengeluarkan racun melalui keringat), paru-paru (melalui pernafasan), sistem limfa, ginjal, liver (hati) dan colon (usus besar). link artikel berikut bagus sebagai gambaran bagaimana fungsi dan kerja masing-masing organ tersebut https://familyhealthchiropractic.com/organs-that-detox-your-body/

Kulit – Garis Pertahanan Pertama anda

kulit merupakan organ perlindungan dan pertahanan terbesar kita, salah satu fungsinya adalah pengaturan termal dalam mengontrol sekresi dan ekskresi, memiliki peran penting dalam menghilangkan racun dan membantu organ detox lainnya.

Detox yang bisa dilakukan melalui kulit: infrared sauna, berolahraga hingga mengeluarkan keringat, ‘brushing’ (disikat agar pori-pori terbuka), semprotan probiotik (masuk melalui kulit), berendam dengan campuran epsom salat dengan baking soda, dan lain-lain.

kalau saya pribadi yang memungkinkan untuk saya lakukan adalah dengan berendam epsom salt+baking soda, pijat dengan alat pijat berbentuk brush dilengkapi infared, rajin menyemprot tubuh dengan semprotan probiotik g10 dan dengan foot pacth (koyo kaki penyerap racun).

Jual Squirrel Massager Alat Pijat 8 in 1 alat pijat magic hand ...
alat pijat getar dengan brush dan infrared
Buy Epsom Salt Online (Magnesium Sulfate) In Australia | N-Essentials
epsom salt
Jual Koyo kaki Bamboo Gold Detox Foot Patch - Premium Quality ...
bamboo foot patch

Saluran Pernafasan – sebagai filter udara

sistem pernapasan manusia terdiri dari 6 organ yaitu rongga hidung, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru. organ-organ ini membantu mengevakuasi racun dalam bentuk gas karbon, atau dengan cara memproduksi lendir/dahak untuk mengikat senyawa racun supaya dapat dikeluarkan bersama lendir. berikut adalah 6 cara untuk mendetox paru-paru berdasarkan situs di atas. diantaranya dengan tidak merokok, berolahraga (karena dapat melatih paru-paru), memakan cayenne papper, mengusapkan castor oil (minyak jarak) di dada, melatih pernafasan, menggunakan minyak peppermint/eucalyptus, atau bisa juga dengan minyak kayu putih.

Ginjal – Filter darah

Fungsi ginjal yang paling utama adalah menyaring zat-zat buangan (limbah) dalam tubuh, baik yang berasal dari makanan, obat-obatan, maupun zat beracun. Ginjal menyaring 200 liter darah setiap hari. untuk lebih lengkapnya bisa cek di https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pemeriksaan-fungsi-ginjal-dan-penyakit/

beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga fungsi ginjal (sumber https://www.healthline.com/health/kidney-cleanse#foods):

menjaga tubuh agar selalu terhidrasi (cukup cairan)

memilih makanan yang dapat mendukung kerja ginjal seperti : anggur, kacangkacangan, beberapa jenis berries yang mengandung komponen resveratrol yang membantu mengurangi inflamasi pada ginjal. jus buah : jeruk, lemon,melon yang mengandung citric acid untuk mencegah pembentukan batu ginjal. rumput laut memiliki manfaat bagi pankreas, hati dan ginjal. makanan yang kaya akan calcium: almond, tofu dan beberapa jenis sereal.

mengkonsumsi teh yang dapat membersihkan ginjal : stinging nettle, hydrangea, sambong

mengonsumsi suplemen:

vitamin B6, vitamin B6 diperlukan untuk metabolisme glyoxylate yang dapat menjadi oxalate jika kekurangan vitamin B6, terlalu banyak oksalat bisa berimbas pada pembentukan baju ginjal .

Omega 3, terlalu banyak omega 6 akan memicu pembentukan batu ginjal, dengan meningkatkan porsi omega 3 secara natural akan menurunkan omega 6, konsumsilah suplemen minyak ikan (fish oil) harian dengan kualitas yang tinggi dan bebas merkuri dan toxin/aditif lainnya.

Potassium citrate, merupakan element penyeimbang elektrolit dan pH urin. suplementasi dengan multivitamin yang mengandung potassium harian.

Saluran Usus

sistem organ ini tidak hanya memiliki tugas mencerna makanan, tetapi juga menghilangkan raccun, dimulai dari mulut, berlanjut ke perut dan usus. pada sistem ini terjadi pemecahan molekul kompleks dari makanan menjadi molekul sederhana yang dapat diserap sel-sel tubuh kita untuk kemudian digunakan dalam regenerasi sel, energi, pertumbuhan, dll.

segera setelah proses pencernaan makanan selesai, nutrisi seperti asam amino, gula, lemak, mineral dan vitamin menembus selaput usus masuk ke dalam pembuluh vena kapiler yang mengangkutnya ke hati. setelah detoksifikasi dalam hati, nutrisi yang sudah dipisahkan dari toxin didistribusikan kembali ke aliran darah, sedangkan senyawa berupa bahan kimia, racun, obat-obatan, logam berat, dan hormon seks berlebih yang diproses oleh empedu.

setelah dinetralkan oleh empedu, senyawa tersebut masuk ke usus kecil, berlanjut melalui saluran usus untuk keluar dari tubuh dalam bentuk feses/tinja. empedu, yang diproduksi di hati, memegang peranan penting dalam menetralisir racun, mencerna lemak, metabolisme gula darah, dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. karena itu, sangat penting untuk memperhatikan produksi empedu yang tepat, sekresi, dan suplementasi jika ingin mengoptimalkan detoksifikasi. salah satu artikel mengenai cara mengoptimalkan kerja empedu bisa cek disini https://drjockers.com/25-ways-improve-gallbladder-health/.

fase terahir dari detoksifikasi racun melalui saluran usus terjadi di usus besar. zat apapun yang dapat digunakan tubuh seperti serat, dipecah dengan bantuan flora mikroorganisme usus dan diangkut ke hati untuk detoksifikasi. lapisan/selaput usus mampu menyerap nutrisi dan juga racun, selama lapisan ini ‘sehat’ mereka dapat bertindak seperti filter “cerdas” dimana mereka akan membiarkan nutrisi yang diperlukan tubuh masuk ke aliran darah, sedangkan racun (kimia, logam berat, dll) dikeluarkan bersama dengan feses/kotoran. jika makanan tidak dapat terserap sempurna, tertahan di usus dan mengendap, akan terjadi fermentasi dan pembusukan, imbasnya mikroorganisme usus yang bermanfaat dapat bermutasi menjadi mikrooganisme patogen yang mengeluarkan racun dan mengiritasi lapisan usus. iritasi juga dapat disebabkan racun aditif, pestisida, antibiotik, dll. iritasi konstan pada lapisan/selaput usus ini dapat merusak mukosa usus dan membuatnya keropos, inilah yang dinamakan leaky gut atau usus bocor. pada kondisi usus bocor ini memungkinkan makanan yang tidak tercerna beserta racun masuk ke dalam aliran darah, pintu terbuka lebar bagi aneka racun untuk memasuki lingkungan internal tubuh dan merusak sistem kekebalan tubuh dan menjadi penyebab banyak penyakit, terutama penyakit degeneratif kronis dan kanker.

sistem pencernaan (gut intestinal tract)

Hati – Organ Detox Internal Utama

pekerjaan utama hati adalah menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan, sebelum meneruskannya ke seluruh tubuh. hati juga bertanggung jawab mendetoks bahan kimia, racun, mengubah residu (yang dihasilkan dari sel) sehingga dapat diekskresikan dengan baik oleh usus atau ginjal baik melalui urin ataupun feses. hati juga memiliki mekanisme pertahanan yang menyaring dan menghancurkan penjajah asing seperti bakteri, jamur, virus bahkan sel kanker.

fungsi liver
liver health, 4 Ways to Improve Liver Health Naturally
sehari-hari tubuh bergelut dengan berbagai racun dari lingkungan, hati (liver) sangat berperan dalam mengeliminasinya

untuk itulah sangat penting mendukung fungsi hati. cara menjaga fungsi hati bisa cek di link ini https://drjockers.com/improve-liver-health-naturally/, menurut artikel ini diantaranya adalah dengan:

Menjaga pola makan yang sehat dan mendukung fungsi liver

makanan yang kaya akan vitamin B, vitamin C dan trace mineral sangat baik untuk hati, diantaranya adalah seledri, timun, selada romaine, dll. disarankan untuk membuat jus dari sayuran agar dapat lebih mudah terserap oleh tubuh. jeruk dan berries juga sangat baik untuk liver.

Mengonsumsi hati dari hewan organik yang dipelihara di padang rumput memberikan dukungan nutrisi yang kuat untuk kesehatan hati (liver), diantaranya hati sapi organik, hati ikan liar alam bebas, hati dan telur ayam organik.

Mengkonsumsi herbal

Menggunakan herbal seperti jahe, milk thistle, ketumbar, selada air, wormwood, mint, lobak, sorrel, lobak, peppermint, peterseli, dandelion, ketumbar, bawang putih dan kunyit sangat baik untuk kesehatan hati. Resep jus yang bagus untuk kesehatan hati dan ginjal adalah bayam, seledri, mentimun, lemon dan jahe. Favorit lainnya adalah kangkung, mentimun, peterseli, seledri dan jeruk nipis.

liver health, 4 Ways to Improve Liver Health Naturally

Limfa

sistem limfatik atau sistem getah bening memainkan peran utama dalam detoksifikasi tubuh. sistem limfatik berperan dalam membentuk, menyimpan dan membawa sel-sel darah putih untuk melawan penyakit.

organ dari sistem limfatik terdiri atas sumsum tulang belakang, limpa, timus, kelenjar getah bening, cairan getah bening dan pembuluh getah bening. kelenjar getah bening bertindak sebagai penghasil sel yang disebut limfosit sel-T. Limfosit adalah bagian dari sel darah putih yang sangat penting dalam memberikan respon imun, terutama ketika mengalami infeksi.

getah bening juga mendetoksifikasi otak. sebuah studi baru menemukan bahawa ketika kita tidur, salurang getah bening khusus di otak yang disebut “sistem glymphatic” sebenarnya membuka dan mengalirkan neurotoxin berbahaya dari otak ke dalam cairan tulang belakang otak.

cara untuk mendukung kerja sistem limfa diantaranya saya kutip dari artikel berikut https://drjockers.com/10-ways-improve-lymphatic-system/:

lymphatic system, 10 Ways to Improve Your Lymphatic System
10 cara mendukung sistem limfatik

berolah raga – sistem limfatik/getah bening diransang melalui pergerakan otot-otot untuk memompa kelenjar getah bening. kontraksi otot anda menjadi pompa yang membantu cairan mengalir ke seluruh tubuh. olahraga dapat membantu aliran sistem limfatik lebih efektif dan berpotensi mencegah infeksi dan penyakit lain seperti kanker.

peregangan sederhana saat baru bangun tidur adalah cara mudah untuk memulai sirkulasi cairan getah bening ke seluruh tubuh anda.

Latihan pernafasan – dengan menarik nafas dalam-dalam juga membantuk sirkulasi oksigen ke otak

Berkeringat – salah satu mekanisme utama tubuh mengeluarkan racun adalah lewat keringat, selain lewat olah raga bisa juga dengan sauna infra red. Sauna inframerah menawarkan bentuk terapi cahaya non-invasif yang memanaskan otot dan organ dalam sehingga mendorong racun ke dalam sirkulasi untuk dikeluarkan dari tubuh. Teknologi inframerah menawarkan manfaat luar biasa untuk meningkatkan detoksifikasi tubuh.

lymphatic system, 10 Ways to Improve Your Lymphatic System
olahraga untuk mendukung sistem limfa

Mengurangi stress – diantaranya dengan:

Yoga
Pilates
Latihan pernapasan dalam
Peregangan
Pertahankan Postur Baik

Herbal – untuk mengurangi stress

lymphatic system, 10 Ways to Improve Your Lymphatic System

menyikat tubuh dalam kondisi kering – meningkatkan sirkulasi darah dan karenanya juga meningkatkan aliran getah bening dan detoksifikasi. menyikat/massage tubuh dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, dan sisa-sisa racun, serta merangsang kelenjar keringat,

lymphatic system, 10 Ways to Improve Your Lymphatic System

Cara mendukung sistem limfatik lainnya adalah dengan memakan makanan antiinflammatory, minum air mineral untuk menghidrasi tubuh (bagus juga dengan air lemon karena bisa mendorong lingkungan basa dalam tubuh), pijat, chiropractic. lengkapnya bisa dibaca di https://drjockers.com/10-ways-improve-lymphatic-system/

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started